Tipe Data Primitif pada Java

432
0
Share:
Tipe data primitif

Bandung, Blog BSP – Semua variabel harus dideklarasikan sebelum digunakan pada bahasa pemrograman Java. Pendefinisian suatu variabel disertai dengan tipe data dimana tipe data ini nantinya akan menentukan variabel tersebut akan diisi dengan nilai apa dan operasi apa yang dapat dilakukan oleh variabel tersebut. Dalam Java dikenal ada dua tipe data yaitu tipe data primitif dan tipe data referensi.

Tipe Data Primitif

Secara garis besar tipe data primitif pada Java terdiri atas integer, double, char dan boolean. Integer merepresentasikan bilangan bulat, double untuk desimal, char untuk karakter dan boolean yang merepresentasikan nilai benar atau salah (true atau false).

Integer

Tipe data integer merupakan tipe data yang nilainya diisi dengan bilangan bulat. Pada Java terdapat 4 tipe data integer ini yaitu byte, short, int dan double. Tipe data ini disebut juga dengan tipe data numerik. Lebih jelas tentang tipe data ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Tipe Data Integer Java

Tipe Data Integer Java

byte

short

int

float

Float

Bilangan pecahan pada Java direpresentasikan dengan tipe data float dan double. Angka float memenuhi standar   IEEE 754-1985.

Tipe Data Primitif: float

Tipe Data Float Java

Char

Tipe data char merepresentasikan karakter yang terdiri atas huruf, angka dan karakter khusus.

Boolean

Tipe data boolean merepresentasikan dua nilai logika yaitu benar dan salah (true dan false)

Referensi

https://dedykuncoro.com/2013/03/macam-macam-tipe-data-pada-java.html

TagsJava
Share:

Leave a reply