Kelas dan Obyek Pada Pemograman Java

235
0
Share:
Kelas dan obyek

Bandung, Blog BSP – Terdapat dua konsep yang sangat terpenting dalam Pemograman Berorientasi Objek (PBO). Kedua konsep itu ialah kelas dan obyek. Dalam PBO terdiri dari interaksi antar obyek – obyek. Kelas dan obyek saling ketergantungan. Obyek tanpa kelas tidak ada artinya, begitu juga sebaliknya.

Kelas dan Obyek

Pembahasan kali ini akan dibagi menjadi dua pembahasan yaitu Kelas dan Obyek.

Kelas

Kelas merupakan rancangan dari obyek. Kelas mendefinisikan sebuah tipe dari obyek. Didalam kelas dapat mendeklarasikan variabel dan menciptakan obyek (instansiasi). Sebuah kelas mempunyai atribut-atribut dan method-method. Apasih atribut dan method?. Semisal terdapat kelas Pesawat, Kelas pesawat diberikan identitas berupa nomor pesawat, nomor penerbangan, dan nama maskapai. Identitas yang dimiliki oleh kelas pesawat dinamakan atribut. Sedangkan method adalah fungsi atau prosedur yang merupakan perilaku dari suatu kelas. Sebagai contohnya pesawat dapat melakukan terbang dan mendarat. Terbang dan mendarat adalah contoh method yang terdapat dikelas pesawat. Kata class merupakan keyword pada java yang digunakan untuk mendeklarasikan kelas yang diikuti dengan memberikan nama kelas setelahnya. Berikut adalah contohnya:

Obyek

Obyek adalah sebuah instansiasi (keturunan) dari kelas. Akan tetapi sebelum membuat suatu obyek harus menciptakan suatu kelas terlebih dahulu. Pada Pemograman Berorientasi Objek sebuah obyek dapat memiliki obyek-obyek lainnya. Seperti contohnya ialah obyek motor terdiri dari mesin, kaca spion, kerangka dan lain-lain. Obyek juga bisa merupakan turunan dari obyek lain sehingga mewarisi sifat induknya. Contohnya Mobil dan Motor merupakat sifat-sifat yang dimiliki oleh kendaraan bermotor dengan spesikasi tambahan didalamnya.

Dalam pendeklarasian obyek pada Java terdapat keyword new. Berikut adalah contoh pembuatan obyek.

Dari contoh diatas Pesawat_Perintis adalah obyek yang diperoleh dari penggunaan kelas pesawat. tambahan keyword  new diikuti oleh nama kelas yang telah dibuat sebelum pendeklarasian obyek.

Untuk membedakan kelas dan obyek lebih lengkap dapat dilihat dari tabel dibawah ini.

class mobil

obyek mobil A

obyek mobil B

Variable Instance

Nomor Plat

ABC 111

XYZ 123

Warna

Biru

Merah

Manufaktur

Mitsubishi

Toyota

Kecepatan

50 km/h

100 km/h

Method Instance

Method Akselerasi

Method Belok

Method Rem

 

Referensi

Dasar Pemrograman Berorientasi Obyek

Anonim. 2015. Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek. Fakultas Informatika. Telkom University, Bandung

JENI INTRO1 Bab09 Bekerja Dengan Java Class Library

(HDR)

Share:

Leave a reply